MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN MELALUI GABUNGAN MODEL PICTURE AND PICTURE DAN TALKING STICK DI KELAS VIIIB SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 MANANGGU KABUPATEN BOALEMO
Main Author: | MITA HUSAIN |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/221413018/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-pada-mata-pelajaran-pendidikan-pancasila-dan-kewarganegaraan-melalui-gabungan-model-picture-and-picture-dan-talkingstick-di-kelas-viiib-sekolah-menengah-pertama-negeri-2-mananggu-kabupaten-boalemo.html |
Daftar Isi:
- MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN MELALUI GABUNGAN MODEL PICTURE AND PICTURE DAN TALKING STICK DI KELAS VIIIB SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 MANANGGU KABUPATEN BOALEMO ABSTRAK Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan 1 siklus 2 kali pertemuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VIIIB SMP Negeri 2 Mananggu. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIB SMP Negeri 2 Mananggu dengan jumlah 19 siswa yang terdiri atas 11 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Teknik pengolahan dan analisis data yaitu menggunakan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 76, dan indikator ketuntasan klasikal adalah 85% dari jumlah siswa. Berdasarkan KKM yang ditetapkan, maka hasil penelitian yang diperoleh pada siklus I pertemuan I terdapat 13 siswa yang nilai mencapai KKM dan ketuntasan klasikal sebesar 68% dari ketuntasan yang telah ditetapkan, pada siklus I pertemuan II terdapat 18 siswa yang nilai mencapai KKM dan ketuntasan klasikal kelas adalah 95% dari ketuntasan klasikal yang telah ditetapkan. Hasil pengamatan kegiatan guru didalam kelas pada siklus I pertemuan I dengan menerapkan gabungan model pembelajaran Picture And Picture dan Talking Stick menunjukan bahwa kemampuan guru dalam melaksanaan proses pembelajaran mencapai 67% dan pada pertemuan 2 mencapai 94%. Siswa dalam proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Picture And Picture dan Talking Stick pada siklus I pertemuan I memperoleh skor 2.9 (baik) dan siklus I pertemuan II memperoleh skor 3.7 (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Picture And Picture dan Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas VIIIB SMPN 2 Mananggu Kabupaten Boalemo. Kata kunci : Hasil Belajar, Picture And Picture, dan Talking Stick