MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTRUKTUVISTIK PADA MATA PELAJARAN PPKn DIKELAS VII-A SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 BOTUMOITO
Main Author: | NILHAM ANGO |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/221412065/meningkatkan-pemahaman-peserta-didik-melalui-model-pembelajaran-kontruktuvistik-pada-mata-pelajaran-ppkn-dikelas-vii-a-sekolah-menengah-pertama-negeri-2-botumoito.html |
Daftar Isi:
- Abstrak NILHAM ANGO, NIM 221 412 065 "MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTRUKTUVISTIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN(PPKn) DI KELAS VII-A SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 BOTUMOITO" Dengan pembimbing I Ibu Hj.Maisara Sunge, SH, MH dan pembimbing II Bapak Rasid Yunus S.Pd, M.Pd jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Program Studi Ilmu Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial, Universitas negeri Gorontalo Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya pemahaman peserta didik pada mata pelajaran PPKn, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan pemahaman peserta didik tentang materi yang diajarkan khususnya pada mata pelajaran PKn dikelas VII-A SMP Negeri 2 Botumoito. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas, Model yang digunakan pada penelitian ini adalah Kontruktuvistik . Dalam hal ini penulis menggambarkan meneliti kegiatan atau pemahaman peserta didik dalam pembelajaran PPKn megkaji setiap aspek dan kasus yang terjadi dari setiap peristiwa - peristiwa nyata yang terjadi selama proses pembelajaran berlangsung. Dari Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan pemahaman peserta didik mengacu pada lembaran hasil penilaian yang mana pemahaman peserta didik mencapai 28% pada siklus I pertemuan pertama, terlihat bahwa pada pertemuan pertama tingkat pemahaman peserta didik masih kurang baik, dengan hasil ini peneliti masih mangadakan pertemuan ke-dua hasil yang dicapai 52%, masih cukup , pertemuan ke-tiga mencapai hasil 84%, ini berarti penelitian dalam segi pemahaman siswa pada mata pelajaran PPKn telah tercapai. Adapun kesimpulan dalam penelitian ini adalah menggunakan model pembelajaran kontruktuvistik dapat meningkatkan pemahaman peserta didik di SMP Negeri 2 Botumoito khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan(PPKn). Kata Kunci : Pembelajaran PPKn, model Kontruktuvisti