Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Melalui Model Pembelajaran ABC Games Di Kelas VIII1 SMP Negeri 1 Tilango
Main Author: | HENDRIKA ISHAK |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/221412047/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-pada-mata-pelajaran-pendidikan-pancasila-dan-kewarganegaraan-melalui-model-pembelajaran-abc-games-di-kelas-viii1-smp-negeri-1-tilango.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Hendrika Ishak (Rika) 221 412 047. "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Melalui Model Pembelajaran ABC Games Di Kelas VIII1 SMP Negeri 1 Tilango. Skripsi Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Asmun W. Wantu, S.Pd, M.Sc dan Rasid Yunus S.Pd, M.Pd Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas VIII1 SMP Negeri 1 Tilango. Penelitian ini bertujuan Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewaganegaraan melalui penerapan model pembelajaran ABC Games di kelas VIII1 SMP Negeri 1 Tilango. Hasil Penelitian menunjukan bahwa peningkatan hasil belajar siswa terhadap pelajaran PPKn dengan menggunakan model pembelajaran ABC Games. Dapat dilihat pada setiap siklus dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan lembar pengamatan aktivitas siswa selama proses belajar mengajar dengan kriteria penilaian sangat baik (SB), baik (B), cukup (C) dan kurang (K) yaitu pertemuan 1 : jumlah siswa 26 orang, laki-laki 16 orang dan perempuan 10 orang hasil lembar observasi aktivitas guru dari 18 aspek yang mencapai kriteria sangat baik (SB) dan baik (B) sebanyak 13 (72%), pada lembar pengamatan aktivitas siswa dari 10 aspek yang mencapai kriteria sangat baik (SB) dan baik (B) sebanyak 5 (50%), dari hasil belajar siswa yang memperoleh nilai minimal 75 atau tuntas adalah 9 orang atau (34.62%). Pertemuan 2 jumlah siswa 26 orang, laki-laki 16 orang dan perempuan 10 orang hasil lembar observasi aktivitas guru dari 18 aspek yang mencapai kriteria sangat baik (SB) dan baik (B) sebanyak 16 (89%), pada lembar pengamatan aktivitas siswa dari 10 aspek yang mencapai kriteria sangat baik (SB) dan baik (B) sebanyak 8 (80%), dari hasil belajar siswa yang memperoleh nilai minimal 75 atau tuntas adalah 19, orang atau (73.07%). Pertemuan 3 : jumlah siswa 26 orang , laki-laki 16 orang dan perempuan 10 orang hasil lembar observasi aktivitas guru dari 18 aspek yang mencapai kriteria sangat baik (SB) dan baik (B) sebanyak 18 (100%), pada lembar pengamatan aktivitas siswa dari 10 aspek yang mencapai kriteria sangat baik (SB) dan baik (B) 10 (100%), dari hasil belajar siswa yang memperoleh nilai minimal 75 atau tuntas adalah 23 orang atau (88.47%). Adapun kesimpulan penelitian ini yaitu dengan menggunakan model pembelajaran ABC Games dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya di Kelas VIII1 SMP Negeri 1 Tilango. Kata Kunci : Pembelajaran ABC Games Hasil Belajar Siswa