Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Example Non Example Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Di Kelas X-ips3 Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Kota Gorontalo

Main Author: DJAFAR RAHMAN
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2016
Subjects:
Non
Dan
Di
4
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/221412035/meningkatkan-aktivitas-belajar-siswa-melalui-model-pembelajaran-example-non-example-pada-mata-pelajaran-pendidikan-pancasila-dan-kewarganegaraan-di-kelas-x-ips3-sekolah-menengah-atas-negeri-4-kota-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK DJAFAR RAHMAN Nim. 221 412 035. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Example Non Example Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Di Kelas X-ips3 Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Permasalahan dalam penelitian ini mengenai aktivitas belajar siswa kelas X-ips3 SMP Negeri 4 Gorontalo. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PPKn melalui penerapan model pembelajaran Example Non Example di kelas X-ips3 SMP Negeri 4 Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah metode diskusi. Pengambilan data diambil dengan menggunakan lembar pengamatan siswa dan guru dengan menganalisis data untuk mengetahui peningkatan rata-rata aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PPKn. Penelitian ini dilakukan dalam 1 siklus dua kali pertemuan. Yakni pertemuan pertama diperoleh rata-rata aktivitas belajar siswa 61%, dan pertemuan dua meningkat menjadi 86% atau mencapai kriteria ketuntasan. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Example Non Example dapat meningkatkan aktivitas siswa di kelas X-ips3 SMA Negeri 4 Gorontalo. Kata Kunci : Aktivitas Belajar Siswa, Model Example Non Example.