MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS VIIIA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 RANDANGAN KECAMATAN RANDANGAN KABUPATEN POHUWATO MATERI DEMOKRASI DALAM KEHIDUPAN BERSAMA MELALUI METODE ROLE PLAYING

Main Author: IWAN K. PADJI
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2014
Subjects:
2
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/221411170/meningkatkan-pemahaman-siswa-dalam-pembelajaran-pendidikan-kewarganegaraankelas-viiia-sekolah-menengah-pertama-negeri-2-randangan-kecamatan-randangan-kabupaten-pohuwato-materi-demokrasi-dalam-kehidupan-bersama-melalui-metode-role-playing.html
Daftar Isi:
  • Iwan K. Padji. Nim. 221411170. Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Pembelajaran PKn Kelas VIIIA SMP Negeri 2 Randangan Kecamatan Randangan Kabupaten Pohuwato Materi Demokrasi Dalam Kehidupan Bersama Melalui Metode Role Playing. Dengan pembimbing I Bapak Prof. Welly Pangayow, M.Si, Ph.D dan pembimbing II Bapak Roni Lukum, S.Pd, M.Sc. Jurusan Ilmu Hukum Dan Kemasyarakatan Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu sosial Universitas Negeri Gorontalo. Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah pemahaman siswa pada materi demokrasi dalam kehidupan bersama kelas VIIIA SMP Negeri 2 Randagan relatif rendah, siswa kurang tertarik dengan proses pembelajaran, metode yang digunakan kurang optimal. Judul ini diangkat dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran PKn. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian guru mata pelajaran PKn dan siswa kelas VIIIA SMP Negeri 2 Randangan. Bertolak dari penjelasan ini dapat disimpulkan bahwa peneliti dapat ditingkatkan melalui metode role playing (bermain peran), yang ditunjukan dengan indikator kinerja yang telah ditetapkan, yakni: minimal 75% dari seluruh siswa memperoleh nilai minimal 65 dengan rincian perolehan sebagai berikut: siklus I memperoleh 76% dan pada siklus II meningkat menjadi 90,4%, dan daya serap siswa mencapai minimal 75%; dengan rincian sebagai berikut: siklus I mencapai 70% dan pada siklus II meningkat menjadi 83,3%. Kata Kunci : Pembelajaran PKn , Role Playing