Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Materi Norma di Kelas VII SMP Negeri 1 Randangan
Main Author: | RASUNA HUSAIN |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/221411162/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-melalui-metode-demonstrasi-pada-mata-pelajaran-pendidikan-kewarganegaraanmateri-norma-di-kelas-vii-smp-negeri-1-randangan.html |
Daftar Isi:
- Rasuna Husain. NIM. 221411162. 2014. Skripsi. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Materi Norma di Kelas VII SMP Negeri 1 Randangan. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Sukarman Kamuli, M.Si. dan pembimbing II Udin Hamim, SH.,S.Pd.,M.Si. Rumusan masalah dalam penelitian: apakah hasil belajar siswa dapat ditingkatkan melalui metode demonstrasi pada mata pelajaran PKn materi norma, hukum dan peraturan di Kelas VII SMP Negeri 1 Randangan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode demonstrasi pada mata pelajaran PKn di Kelas VII SMP Negeri 1 Randangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tindakan kelas siklus I siswa yang hasil belajarnya mendapatkan nilai >70 berjumlah 17 orang atau 57% dan pada tindakan kelas siklus II meningkat lagi menjadi 25 orang atau 84% yang mendapatkan nilai > 70 Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar PKn tentang materi norma yang berlaku pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Randangan. Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Demonstrasi