Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Numbered Heads Together di Kelas V SD Inpres Patuhu Kecamatan Randangan Kabupaten Pohuwato
Main Author: | KARTIN ISMAIL |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/221411160/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-melalui-model-pembelajaran-numbered-heads-togetherdi-kelas-v-sd-inpres-patuhu-kecamatan-randangan-kabupaten-pohuwato.html |
Daftar Isi:
- Kartin Ismail, Nim : 221 411 160 "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Numbered Heads Together di Kelas V SD Inpres Patuhu Kecamatan Randangan Kabupaten Pohuwato", Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Program Studi PKn Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof.Welly Pangayow, M.Si, Ph.D dan Pembimbing II Dr. Udin Hamin, S.Pd, SH, M.Si. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Numbered Heads together dalam meningkatkan hasil siswa pada materi Negara Kesatuan Republik Indonesia di kelas V SD Inpres Patuhu Kecamatan Randangan Kabupaten Pohuwato.Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Patuhu Kecamatan Randangan Kabupaten Pohuwato yang berjumlah 30 orang dan usia rata - rata 12 tahun. Analisis data dilakukan melalui analisis terhadap hasil Observasi dan hasilnya digunakan untuk merepleksi diri apakah anak sudah meningkat hasil belajarnya, hasil analisis ini akan digunakan untuk merencanakan tindakan pada setiap pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata - rata persentase jumlah siswa yang memprihatinkan hasil belajar yang diharapkan, seperti yang nampak pada pertemuan 1 > 3 %. Siswa yang mempunyai hasil belajar yang baik dan pada pertemuan II mencapai 86%. Dengan demikian indikator kinerja yang telah ditetapkan yakni minimal 86% atau 26 orang dari 30 siswa sudah mempunyai nilai di atas 70. Disamping itu hipotesis tindakan yang telah dirumuskan yakni" jika dalam proses pembelajaran digunakan model pembelajaran numbered heads together, maka hasil belajar siswa pada materi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia di kelas V SD Inpres Patuhu Kecamatan Randangan akan meningkat" teruji kebenarannya. Kata Kunci : Numbered Heads Together Hasil Belajar Siswa.