Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Materi Bela Negara di Kelas IX SMP Negeri 2 Wanggarasi

Main Author: ALWIN MATOKA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2014
Subjects:
Di
Ix
Smp
2
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/221411159/penerapan-strategi-pembelajaran-kontekstual-dalam-meningkatkan-pemahaman-siswa-pada-mata-pelajaran-pknmateri-bela-negara-di-kelas-ix-smp-negeri-2-wanggarasi.html
Daftar Isi:
  • Alwin Matoka, 2014. Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Materi Hak Dan Kewajiban Warga Negara Dalam Bela Negara Di Kelas IX SMP Negeri 2 Wanggarasi. Pembimbing I, Ibu Asmun W. Wantu S.Pd, M.Sc dan pembimbing II Ibu Hj. Maisara Sunge, SH, MH. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya persentase ketercapaian atas Kriteria Ketuntasan Minimal yang diperoleh oleh siswa kelas IX SMP Negeri 2 Wanggarasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I pemahaman siswa terhadap materi Hak dan Kewajiban Warga Negara dalam Bela Negara belum mencapai indikator kinerja. Dari 14 siswa ada 8 orang atau 57,14% yang memperoleh nilai ketuntasan 65 ke atas dan 6 orang atau 42,86% yang memperoleh nilai ketuntasan di bawah 65. Sedangkan pada siklus II ada dari 14 siswa, 12 orang atau 85,75% yang memperoleh nilai 65 ke atas dan 2 orang atau 14,28% yang memperoleh nilai ketuntasan di bawah 65. Dengan melihat capaian tindakan yang diperoleh pada siklus II sudah sesuai dengan indikator kinerja dan telah mencapai persentase ideal yaitu antara 80% - 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi pembelajaran kontekstual, kemampuan siswa tentang Hak dan Kewajiban Warga Negara dalam Bela Negara pada siswa kelas IX SMPN 2 Wanggarasi meningkat.Dan hipotesis tindakan yang menyatakan "apabila penerapan strategi pembelajaran kontekstual dapat berjalan efekltif, maka pemahaman siswa akan meningkat" dapat diterima. Kata Kunci: Pembelajaran Kontekstual, Pemahaman Siswa dan Metode Tanya Jawab