MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 WANGGARASI
Main Author: | RIZAL NUR |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/221411158/meningkatkan-minat-belajar-siswa-pada-mata-pelajaran-pkn-melalui-model-pembelajaran-group-investigationdi-kelas-viii-smp-negeri-2-wanggarasi.html |
Daftar Isi:
- Rizal Nur. 2013. Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pelajaran PKn Melalui Model Pembelajaran Groub Investigation (GI) Di Kelas VII SMP Negeri 2 Wanggarasi. Skripsi. Program Studi S1 Jurusan Ilmu Hukum Dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Welly Pangayow, M.Si, Ph.D dan Pembimbing II Dr. Udin Hamim, S.Pd, SH, M.Si Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menerapkan model Groub Investigation (GI) minat belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Wanggarasi pada pelajaran PKn akan meningkat? tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaran PKn melalui model pembelajaran Group Investigasi (GI) di kelas VII SMP Negeri 2 Wanggarasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan bahwa terjadi terjadi peningkatan hasil belajar siswa di kelas VII SMP Negeri 2 Wanggarasi setelah diterapkan model pembelajaran Group Investigation (GI) pada materi ideologi negara. Hal ini dapat dilihat pada pelaksanaan penelitian tindakan kelas sampai mencapai dua siklus karena pada siklus I pertemuan pertama kegiatan pembelajaran melalui penggunaan model pembelajaran Group Investigation (GI) belum mencapai indikator kinerja penelitian. Setelah diadakan refleksi, dimana proses pembelajaran telah diadakan pembaharuan pelaksanaan tindakan pada siklus I pertemuan kedua, maka hasil belajar siswa meningkat, sehingga penetapan hipotesis tindakan penelitian terbukti dan dapat diterima secara ilmiah. Kata kunci : Minat Belajar dan Model Group Investigation (GI)