MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn MELALUI METODE TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 MARISA KABUPATEN POHUWATO

Main Author: SAWIYAH HULA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2014
Subjects:
Pkn
Smp
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/221411157/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-pada-mata-pelajaran-pkn-melalui-metode-tutor-sebaya-pada-siswa-kelas-viidi-smp-negeri-1-marisa-kabupaten-pohuwato.html
Daftar Isi:
  • Sawiyah Hula, 221411157, "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn Melalui Metode Tutor Sebaya ada siswa kelas VII di SMP Negeri I Marisa Kabupaten Pohuwato". Di bawah bimbingan Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M.Pd dan Asmun W. Wantu,S.Pd,M,Sc. Program Studi PKn Pendidikan.,Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Penelitian ini di laksanakan di SMP Negeri I Marisa Kelas VIIE,dan jumlah siswa 32 orang,penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn degan materi norma dan impelemantasinya melalui meode Tutor Sebaya. Hipotesis dalam penelitian ini adalah " Jika guru menggunakan metode tutor sebaya pada pembelajaran PKn dengan materi norma dan implementasinya, maka akan meningkatkan hasil belajar siswa". Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas degan hasil pembahasan pada siklus satu. Berdasarkan analisis hasil belajar siswa mencapai 92,60% siswa yang memperoleh nilai 68 ke atas.Dengan demikian hasil belajar repleksi memberikan catatan bahwa penggunaan metode tutor sebaya pada pembelajaran PKn khususnya Norma dan Impementasi sangat tepat,sehingga hsil belajar siswa dapat mengalami peningkatan. Kata Kunci: Hail Belajar Siswa, Tutor Sebaya