Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together Pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Marisa Kabupaten Pohuwato
Main Author: | SALMA DJ SALEH |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/221411156/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-pada-mata-pelajaran-pendidikan-kewarganegaraan-melalui-model-pembelajaran-numbered-head-together-pada-siswa-kelas-vii-di-smp-negeri-1-marisa-kabupaten-pohuwato.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Salma Dj. Saleh. Meningkatkan hasil belajar siswa Pendidikan Kewarganegaraan melalui model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada siswa KelasVII di SMP Negeri1 Marisa Kabupaten Pohuwato. Skripsi Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Universitas Negeri Gorontalo. 2013. Pembimbing (1) Dr. Sastro M. Wantu, SH, M.Si dan Pembimbing (2) Dr.Hj. Zulaecha Ngiu, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMP Negeri 1 Marisa Kabupaten Pohuwato.Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIB SMP Negeri 1 Marisa yang berjumlah 32 orang dan terdiri dari 14 orang laki-laki dan 18 orang perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dengan Analisis data dilakukan melalui analisis terhadap hasil observasi dan hasilnya digunakan untuk merefleksi diri apakah anak sudah meningkat hasil belajarnya. Hasil analisis ini akan digunakan untuk merencanakan tindakan pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata persentase jumlah siswa yang memperlihatkan peningkatan hasil belajar yang diharapkan, seperti yang nampak pada pada siklus I pertemuan I 74,3% siswa yang mempunyai hasil belajar yang baik, dan pada siklus I pertemuan II mencapai 85,4%. Dengan demikian indikator kinerja yang telah ditetapkan yakni minimal 85,4% siswa yang dikenai tindakan mencapai ketuntasan belajar atau memperoleh nilai 73 ke atas. Disamping itu hipotesis tindakan yang telah dirumuskan yakni "jika dalam proses pembelajaran materi menunjukkan sikap positif terhadap norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, maka hasil belajar siswa di kelas VIISMP Negeri 1 Marisa akan meningkat" teruji kebenarannya. Kata kunci : hasil belajar siswa, numbered head together