Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Resitasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Gorontalo

Main Author: KRISTI FINDRI MA'RUF
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2016
Subjects:
Dan
Di
X
3
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/221411051/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-melalui-metode-resitasi-pada-mata-pelajaran-pendidikan-pancasila-dan-kewarganegaraan-di-kelas-x-sekolah-menengah-kejuruan-negeri-3-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Kristi Findri Maruf, NIM 221 411 051. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Resitasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Gorontalo.Skripsi, Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Hukum Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Ibu Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M.Pd (Pembimbing I) dan Ibu Asmun W. wantu, S.pd., M.Sc (Pembimbing II). Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode resitasi pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Gorontalo Pengambilan data diambil dengan menggunakan lembar pengamatan siswa dan guru. Kemudian data di analisis menggunakan persentase berdasarkan analisis data maka dapat diketahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegraan. Penelitian ini dilakukan dalam I siklus dua kali pertemuan, yakni pada pertemuan pertama diperoleh rata-rata hasil belajar siswa 65% dan pertemuan kedua meningkat menjadi 83% atau mencapai kriteria ketuntasan. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode resitasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Gorontalo. Kata kunci : Hasil Belajar Siswa dan Metode Resitasi