Penerapan Model Pembelajaran Values Time Pie Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan DI KELAS X SMK NEGERI 2 GORONTALO

Main Author: SRI WULANDARI SULEMAN
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2015
Subjects:
Pie
Di
X
Smk
2
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/221411016/penerapan-model-pembelajaran-values-time-pie-untuk-meningkatkan-aktivitas-belajar-siswa-pada-mata-pelajaran-pendidikan-kewarganegaraan-di-kelas-x-smk-negeri-2-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Sri Wulandari Suleman, 221 411 016 "Penerapan Model Pembelajaran Values Time Pie Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan DI KELAS X SMK NEGERI 2 GORONTALO". Program Studi Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan Jurusan Ilmu Hukum Dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Permasalahan dalam penelitian ini yakni dapat dilihat bahwa rendahnya partisipasi siswa dalam proses pembelajaran PPKn, terutama ketika guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya maupun menjawab. Model Values Time Pie ini dilaksanakan dalam 1 siklus 3 kali pertemuan. Objek penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan menggunakan model pembelajaran Values Time Pie. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan dalam aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam penyelesaian dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini ditunjukan peningkatan aktivitas belajar siswa siklus I pada pertemuan pertama walaupun belum mencapai target pada pertemuan pertama ada 10% siswa yang mendapatkan kategori hasil nilai sangat baik, pada pertemuan kedua meningkat47% siswa yang mendapatkan hasil yang sangat baik, kemudian pada pertemuan ketiga mengalami peningkatan yang lebih yaitu 80% itu berarti sudah mencapai ketuntasan dari target nilai 80%. Dari hasil indikator kinerja yang telah ditetapkan, minimal 80% siswa dapat mencapai ketuntasan dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, ternyata hasil uji kompotensi siklus I pertemuan ketiga lebih baik dibandingkan pertemuan pertama dan kedua. Kata kunci : Aktivitas Belajar Siswa, model Values Time Pie, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.