Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Melalui Model Pembelajaran Reward di Kelas 1 SDN 3 Tolangohula Kecamatan Tolangohula Kabupaten Gorontalo
Main Author: | YANTI N. HILUMALO |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/221410234/meningkatkan-aktivitas-belajar-siswa-pada-mata-pelajaran-pknmelalui-model-pembelajaran-reward-di-kelas-1-sdn-3-tolangohulakecamatan-tolangohula-kabupaten-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAKYANTI HILUMALO. 2013. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn melalui Model Pembelajaran Reward di Kelas I SDN 03 Tolangohula Kecamatan Tolangohula Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Rumusan masalah dalam peneitian ini adalah Apakah melalui Model Pembelajaran Reward dapat Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn di kelas I SDN 03 Tolangohula Kecamatan Tolangohula Kabupaten Gorontalo. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada mata pelajaran PKn melalui Model Pembelajaran Reward siswa kelas kelas I SDN 03 Tolangohula Kecamatan Tolangohula Kabupaten Gorontalo.Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode diskusi dan ceramah. Pengambilan data diambil dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan siswa dan guru, serta evaluasi atas materi yang diajarkan pada setiap pertemuan. Kemudian data dianalisis baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Berdasarkan analisis data maka dapat diketahui terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yakni: yakni pada siklus I pertemuan ke II rata-rata hasil belajar siswa diperoleh yakni pada siklus I pertemuan rata-rata hasil belajar siswa diperoleh yakni adalah 60% yang mencapai kemampuan siswa pada akhir pelaksanaan siklus II pertemuan I jumlah tersebut menjadi meningkat 87 %. Dapat disimpulkan bahwa dengan melalui Model Pembelajaran Reward maka dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PKn melalui Model Pembelajaran Reward siswa kelas kelas I SDN 03 Tolangohula Kecamatan Tolangohula Kabupaten Gorontalo.Kata Kunci: Aktivitas, belajar, Pelajaran PKn, Model Pembelajaran Reward