Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Melalui Metode Pemberian Tugas di Kelas II SDN 10 Paguyaman

Main Author: WIRDA HILAHAPA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2014
Subjects:
Di
Ii
Sdn
10
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/221410221/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-pada-mata-pelajaran-pknmelalui-metode-pemberian-tugas-di-kelas-ii-sdn-10-paguyaman.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAKWirda Hilahapa, Nim. 221 410 221. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar SiswaPada Mata Pelajaran PKn Melalui Metode Pembelajaran Pemberian Tugas diKelas II SDN 10 Paguyaman Kec. Paguyaman Kab. Boalemo.Skripsi. JurusanIlmu Hukum Dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Universitas NegeriGorontalo.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk meningkatkan hasilbelajar siswa pada mata pelajaran PKn melalui metode pembelajaran pemberiantugas di kelas II SDN 10 Paguyaman Kec Paguyaman Kab Boalemo. Metodepenelitian tindakan kelas.Hasil penelitian menunjukkan: (1), Melalui metode pembelajaranpemberian tugas hasil belajar siswa dapat ditingkatkan. Capaian target presentaseberdasarkan indikator kinerja setelah dilaksanakan siklus 2 telah terjadipeningkatan hasil belajar sebesar 84% Hal ini menunjukkan bahwa target capaianberdasarkan indikator kinerja sebesar 75% dari jumlah siswa sebanyak 25 orangdengan rata-rata Kriteria Ketuntasan Minimal di atas 75. (2), Strategi yang harusdigunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn padasiswa kelas II SDN 10 Paguyaman adalah dengan menggunakan modelpembelajaran pemberian tugas, model ini digunakan karena sebelummenggunakan model ini dalam proses pembelajran guru sering menggunakanmetode ceramah atau ekspositori sehingga siswa kurang dituntut untuk dapat lebihaktif dan kreatif sehingga hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn jugarendah.Kata Kunci : Belajar, Pembelajaran, Pemberian Tugas.