UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI KELAS V SD INPRES 1 BUNTO KECAMATAN POPAYATO TIMUR KABUPATEN POHUWATO

Main Author: NON KUNTE
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
Pkn
Di
V
Sd
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/221410209/upaya-meningkatkan-hasil-belajar-siswa-pada-mata-pelajaran-pkn-melalui-metode-bermain-peran-di-kelas-v-sd-inpres-1-bunto-kecamatan-popayato-timur-kabupaten-pohuwato.html
Daftar Isi:
  • Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn melalui metode bermain peran. Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas V SD Inpres 1 Bunto, Kecamatan Popayato Timur, Kabupaten Pohuwato. Di bimbing oleh Prof. Welly Pongayow, M.Si, Ph.D dan Roni Lukum, S.Pd, M.Se. skripsi diajukan untuk memenuhi persyaratan ujian Sarjana Pendidikan pada Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn melalui metode bermain peran pada siswa kelas V SD Inpres 1 Bunto, Kecamatan Popayato Timur, Kabupaten Pohuwato. Subyek penelitian adalah siswa Kelas V SD Inpres 1 Bunto, Kecamatan Popayato Timur, Kabupaten Pohuwato. Hasil penelitian siklus I diperoleh hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 5,5 atau 55%. Pada siklus II terjadi peningkatan perolehan hasil belajar yang cukup memuaskan yaitu nilai rata-rata kelas 8 atau ketuntasan 80% sehingga penelitian ini sudah menunjukkan keberhasilan sesuai indikator kinerja. Kata Kunci : Hasil Belajar, Bermain Peran