Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Pembelajaran PKn Di Kelas V SD Inpres Bukit Tingki Kecamatan Popayato Kabupaten Pohuwato

Main Author: RAPI RAHMAN
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
Pkn
Di
V
Sd
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/221410205/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-melalui-penerapan-model-pembelajaran-talking-stick-pada-pembelajaran-pkn-di-kelas-v-sd-inpres-bukit-tingki-kecamatan-popayato-kabupaten-pohuwato.html
Daftar Isi:
  • Rapi Rahman. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Pembelajaran PKn Di Kelas V SD Inpres Bukit Tingki Kecamatan Popayato Kabupaten Pohuwato. (Skripsi). Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Revoltje O.W. Kaunang, M.Pd Pembimbing II Asmun Wantu, S.Pd, M.Sc Masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn di kelas V SD Inpres Bukit Tingki Kecamatan Popayato Kabupaten Pohuwato dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran Talking Stick? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn di kelas V SD Inpres Bukit Tingki Kecamatan Popayato Kabupaten Pohuwato. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di Kelas V SD Inpres Bukit Tingki Kecamatan Popayato Kabupaten Pohuwato tahun pelajaran 2012/2013. Siswa yang dikenai tindakan berjumlah 25 orang. Dalam penelitian ini yang menjadi guru mitra 1 orang. Penulis memilih kelas V sebagai obyek tindakan dengan pertimbangan bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan masih rendah. Jenis data yang diperoleh berupa : hasil belajar siswa, hasil observasi pembelajaran, data situasi belajar mengajar pada saat dilaksanakannya tindakan, dan data tentang refleksi diri. Cara pengambilan data : data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil pelaksanaan evaluasi, data tentang situasi proses pembelajaran, diambil pada saat dilaksanakannya tindakan, data hasil observasi pembelajaran diambil melalui lembar observasi, data tentang refleksi diri diperoleh dari IPKM (Instrumen Penilaian Kemampuan Mengajar). Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase siswa yang memiliki ketuntasan belajar pada siklus 1 57.70% dan pada pertemuan ke 2 sebesar 91.30%. Hal ini menunjukkan bahwa Metode Pembelajaran dengan Model Pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pmebelajaran Talking Stick, Pembelajaran PKn.