MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TALKING STICK PADA PEMBELAJARAN PKn DI KELAS III SD INPRES POPAYA KECAMATAN DENGILO KABUPATEN POHUWATO

Main Author: LISNAWATI UNE
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
Pkn
Di
Iii
Sd
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/221410201/meningkatkan-partisipasi-siswa-melalui-penerapan-model-kooperatif-tipe-talking-stick-pada-pembelajaran-pkn-di-kelas-iii-sd-inpres-popaya-kecamatan-dengilo-kabupaten-pohuwato.html
Daftar Isi:
  • Lisnawati Une 2012. Meningkatkan partisipasi siswa melalui penerapan model kooperatif tipe Talking Stick pada pembelajaran PKn di kelas III SD Inpres Popaya Kecamatan Dengilo Kabupaten Pohuwato. Skripsi Akhir Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Welly Pangayow. M.Si dan Pembimbing II. Roni Lukum S.Pd M.Sc Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya aktivitas belajarpartisipasi siswa pada mata pelajaran PKN dan dengan adanya kenyataan bahwa partisipasi belajar PKn di Kelas III kurang menekankan pada model pembelajaran Kooperatif tipe Talking Stick yang mengaktifkan siswa untuk berpartisipasi dalam pembelajaran sehingga dirumuskan masalah Apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa di kelas III SD Inpres Popaya kabupaten pohuwato. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan partisipasi belajar siswa kelas III SD inpres popaya melalui model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick Model Pembelajaran yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dan dilaksanakan dalam dua siklus. Adapun hasil penelitian tindakan kelas pada pembelajaran siklus I belum menghasilkan yang bermakna bagi siswa. Hal ini capaian partisipasi belajar siswa pada Siklus I menunjukan bahwa dari 20 orang siswa yang dikenakan tindakan hanya 8 orang siswa atau 40% yang memperoleh nilai 65 ke atas, sedangkan pada pembelajaran siklus II meningkat dimana siswa yang memperoleh nilai 65 ke atas berjumlah 18 orang siswa atau 95 % yang memperoleh nilai 65 ke atas. Dari hasil penelitian tindakan yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa bahwa jika dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick dalam pembelajaran maka Aktivitas belajar siswa kelas V SD Inpres Popaya kecamatan Dengilo akan meningkat. Kata Kunci : Partisipasi Siswa, Model Kooperatif Tipe Talking Stik