Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Pembelajaran PKn Melalui Model Pembelajaran Think-Pair-Share di Kelas V SDN Inpres I Pelambane Kec. Randangan Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo

Main Author: YAYUN LAKORO
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
Pkn
Di
V
Sdn
I
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/221410196/meningkatkan-pemahaman-siswa-pada-pembelajaran-pkn-melalui-model-pembelajaran-think-pair-share-di-kelas-v-sdn-inpres-i-pelambane-kec-randangan-kabupaten-pohuwato-provinsi-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • Yayun Lakoro, A.Ma. Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Pembelajaran PKn Melalui Model Pembelajaran Think-Pair-Share di Kelas V SDN Inpres I Pelambane Kec. Randangan Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo. Skripsi Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Pendidikan Strata I (S1) Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo (UNG). Studi penerapan model pembelajaran Think-Pair-Share merupakan studi tentang bagaimana penerapan pemahaman terhadap peningkatan pemahaman siswa dalam pembelajaran. Studi ini di latar belakangi atas rendahnya pemahaman siswa dalam pembelajaran di SD Inpres Pelambane Kec Randangan Kabupaten Pohuwato. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas V SD Inpres I Pelambane Kec. Randangan Kabupaten Pohuwato pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan menggunakan Model Pembelajaran Think-Pair-Share. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yakni dengan Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Pembelajaran PKn Melalui Model Pembelajaran Think-Pair-Share di Kelas V SDN Inpres I Pelambane Kec. Randangan Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo. . Dari hasil penelitian yang diperoleh bahwa pemahaman siswa pada siklus I memperoleh nilai perolehan siswa pada siklus I rerata 64,2 dengan perincian adalah siswa yang memperoleh kriteria baik 9(29%), kritria cukup 15(48,4%) serta kriteria kurang 7(22,6%), namun pada siklus II rerata yang diperoleh adalah 79,8 dengan perincian adalah krieria baik sekali adalah 5(16,1%) dan kriteria baik 26(83,9%) serta tidak ada kriteria cukup dan kurang. Data ini menujukkan bahwa peningkatan siklus II untuk kriteria baik sekali adalah 16,1%, dan kriteria baik 54,9% Kata kunci : Pemahaman Siswa, Pembelajaran Think-Pair-Share