Meningkatkan Aktivitas Belajar siswa melalui metode Tanya Jawab pada pembelajaran PKn di kelas V SDN 2 Karya Baru Kecamatan Dengilo Kabupaten Pohuwato
Main Author: | JANSEN FERDY INKIRIWANG |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/221410182/meningkatkan-aktivitas-belajar-siswa-melalui-metode-tanya-jawab-pada-pembelajaran-pkn-di-kelas-v-sdn-2-karya-baru-kecamatan-dengilo-kabupaten-pohuwato.html |
Daftar Isi:
- Jansen F. Inkiriwang 2012. Meningkatkan Aktivitas Belajar siswa melalui metode Tanya Jawab pada pembelajaran PKn di kelas V SDN 2 Karya Baru Kecamatan Dengilo Kabupaten Pohuwato. Skripsi Akhir Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. H Sukarman Kamuli M.Si dan Pembimbing II. Dr. Udin Hamin SPd. SH. Msi Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PKn dan dengan adanya kenyataan bahwa Aktivitas belajar PKn di Kelas V kurang menekankan pada metode tanya jawab yang mengaktifkan siswa untuk belajar sehingga dirumuskan masalah Apakah dengan menggunakan metode Tanya Jawab dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa di kelas V SDN 2 Karya Baru Kecamatan Dengilo Kabupaten Pohuwato. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V SDN 2 Karya Baru melalui metode tanya jawab Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu metode Tanya jawab dan dilaksanakan dalam dua siklus. Adapun hasil penelitian tindakan kelas pada pembelajaran siklus I belum menghasilkan yang bermakna bagi siswa. Hal ini capaian Aktivitas belajar siswa pada Siklus I menunjukan bahwa dari 13 orang siswa yang dikenakan tindakan hanya 7 orang siswa atau 53.84% yang memperoleh nilai 65 ke atas, sedangkan pada pembelajaran siklus II meningkat dimana siswa yang memperoleh nilai 65 ke atas berjumlah 12 orang siswa atau 92.30 % yang memperoleh nilai 65 ke atas. Dari hasil penelitian tindakan yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa bahwa jika dengan menggunakan metode tanya Jawab dalam pembelajaran maka aktivitas belajar siswa kelas V SDN 2 Karya Baru akan meningkat. Kata Kunci: Aktivitas belajar siswa, metode tanya jawab.