PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERPIKIR INDUKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS VIII B SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 16 KOTA GORONTALO
Main Author: | SOFIAN |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/221410115/penerapan-model-pembelajaran-berpikir-induktif-untuk-meningkatkan-hasil-belajar-siswa-pada-mata-pelajaran-pendidikan-kewarganegaraandi-kelas-viii-b-sekolah-menengah-pertama-negeri-16-kota-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK SOFIAN. Nim 221410115. Penerapan Model Pembelajaran Berpikir Induktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas VIIIB Sekolah Menengah Pertama Negeri 16 Kota Gorontalo. Skripsi 2014 Jurusan Ilmu Hukum Dan Kemasyarakatan, Prodi S1 Pendidikan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo 2014. Dengan Pembimbing I Hj. Maisara Sunge, SH. MH dan pembimbing II Asmun W. Wantu, S.Pd, M.Sc. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran berpikir induktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIIB Sekolah Menengah Pertama Negeri 16 Kota Gorontalo ? Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn melalui model pembelajaran berpikir induktif, di kelas VIIIB SMP Negeri 16 Kota Gorontalo. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa Kelas VIIIB SMP Negeri 16 Kota Gorontalo mengalami peningkatan setelah penerapan model pembelajaran berpikir induktif. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat pada rata-rata hasil belajar siswa siklus I dan II dimana rata-rata hasil belajar siswa siklus I sebesar 67,90 %, dan siklus II adalah sebesar 80,68 %. Kata kunci: Model Pembelajaran Berpikir Induktif, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Pendidikan Kewarga Nearaan.