MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DI KELAS VII-C SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 KABILA

Main Author: ABDUL WAHAB KAKILO
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2015
Subjects:
Di
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/221410098/meningkatkan-prestasi-belajar-peserta-didik-pada-mata-pelajaran-pendidikan-kewarganegaraan-melalui-model-pembelajaran-numbered-head-together-di-kelas-vii-csekolah-menengah-pertama-negeri-1-kabila.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Abdul Wahab Kakilo 221 410 098."Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Dan Kewarganegaraan Melalui Model Pembelajaran Numbered Head Togethers (NHT) kelas VII-C Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kabila". Skripsi Program Studi Pendidikan dan Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyrakatan, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Welly Pangayow, M.Si, Ph.D dan Pembimbing II Dr. Hj. Zulaeha Ngiu, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik melalui model pembelajaran Numbered Head Togethers (NHT) kelas VII-C Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kabila. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Latar penelitian ini berlokasi di SMP Negeri 1 Kabila. Subyeknya peserta didik kelas VII-C yang berjumlah 30 orang dengan komposisi 15 laki-laki dan 15 perempuan. Dari hasil kegiatan baik pengamatan dan penelitian yang dilaksanakan dalam tiga pertemuan terjadi peningkatan. Pada pertemuan pertama peserta didik yang memperoleh nilai di bawah ketuntasan sebanyak 9 orang peserta didik dengan presentase sebesar 30% dan yang mencapai nilai ketuntasan sebanyak 19 orang peserta didik. Hal ini menunjukan bahwa presentase capaian belum memenuhi indicator ketuntasan. Pada pertemuan kedua peserta didik yang memperoleh nilai di bawah indicator ketuntasan 7 orang peserta didik dengan presentase 23,33% dan yang mencapai nilai indicator ketuntasan 19 orang peserta didik dengan presentase 76,66%. Hal ini menunjukan bahwa presentase capaian belum mencapai indicator ketuntasan . Setelah diadakan tindakan pada pertemuan ketiga diperoleh data presentase yang telah mencapai indicator ketuntasan yang telah ditetapkan. 26 orang dengan presentase 86,66%, sedangkan yang memperoleh nilai di bawah ketuntasan 4 orang dengan presentase 13,33%. Hal ini menunjukan bahwa target capaian telah mencapai indicator ketuntasan 86,66%. Kata Kunci: Prestasi Belajar Peserta Didik, Model Pembelajaran Numbered Head Togethers (NHT), Pada Mata Pelajaran Pendidikan Dan Kewarganegaraan.