MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PELATIHAN KESADARAN (AWARANES TRAINING) DI KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 ATINGGOLA

Main Author: NENI MARLINA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2014
Subjects:
Di
Vii
2
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/221410076/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-pada-mata-pelajaran-pendidikan-kewarganegaraan-melalui-model-pembelajaran-pelatihan-kesadaran-awaranes-training-di-kelas-vii-sekolah-menengah-pertama-negeri-2-atinggola.html
Daftar Isi:
  • Marlina, Neni. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Model Pembelajaran Pelatihan Kesadaran (Awarenes Training) Di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Atinggola, Program studi Pendidikan Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan., Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Hj. Maisara Sunge, SH, MH, dan Pembimbing II Asmun W. Wantu, S.Pd, M.Sc. Penelitian hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Pelatihan Kesadaran ini adalah untuk meningkatkan pemahaman diri dan kesadaran akan perilaku diri sendiri dan perilaku orang lain sehingga dapat membantu siswa mengembangkan perkembangan pribadi dan sosialnya. Permasalahan yang diangkat dan dianalisis dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran pelatihan kesadaran akan meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keberhasilan siswa. Pada penelitian ini terdapat perbedaan hasil belajar pada saat peneliti menggunakan model pembelajaran. Sebelum adanya penerapan model ini hasil capaian siswa tidak memenuhi standar, tetapi setelah peneliti menggunakan model ini, maka hasil belajar siswa meningkat, model pembelajaran ini tidak hanya terfokus dengan nilai tp model ini juga menanamkan kesadaran belajar terhadap masing-masing individu. Kata Kunci: Hasil Belajar, Pendidikan Kewarganegaraan, Model Pelatihan Kesadaran.