Penerapan Model Pembelajaran Curah Pendapat (Brainstorming) untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Kelas XI SMA Negeri 1 Paguyaman

Main Author: RISWANTO MOKODOMPIT
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2017
Subjects:
Dan
Di
Xi
Sma
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/221410069/penerapan-model-pembelajaran-curah-pendapat-brainstorming-untuk-meningkatkan-aktivitas-belajar-siswa-pada-mata-pelajaran-pendidikan-pancasila-dan-kewarganegaraan-di-kelas-xi-sma-negeri-1-paguyaman.html
Daftar Isi:
  • BSTRAK Riswanto Mokodompit. Nim 221 410 069. "Penerapan Model Pembelajaran Curah Pendapat (Brainstorming) untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Kelas XI SMA Negeri 1 Paguyaman". Skripsi. Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakat, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I (Drs. RevoltjeO.W.Kaunang, M.Pd), dan pembimbing II (Asmun W. Wantu, S.Pd,M.Sc). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menerapkan model pembelajaran curah pendapat (brainstorming) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas XI SMA Negeri 1 Paguyaman?. Sedangkan tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas XI SMA Negeri 1 Paguyaman dengan menerapkan model pembelajaran curah pendapat (brainstorming). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017 kelas XI SMA Negeri 1 Paguyaman. Penelitian ini menerapkan model pembelajaran curah pendapat (brainstorming) dengan jumlah siswa yang dikenai tindakan 28 orang. Penelitian berlangsung dalam 2 siklus. Data diperoleh melalui lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, lembar pengamatan kegiatan guru, lembar pengamatan aktivitas siswa, dan tes hasil belajar. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada siklus I persentase siswa yang aktif dari 5 aspek yang diamati yakni sebesar 74.80%. Persentase ini menunjukkan bahwa penelitian belum berhasil sebab belum memenuhi indikator kinerja. Oleh karena itu, penelitian dilanjutkan pada siklus II. Aspek-aspek pengamatan yang belum terlaksana dengan baik diperbaiki pada siklus ini. Hasilnya, seluruh siswa yang dikenai tindakan memiliki keaktifan dalam proses pembelajaran sebesar 88.69%. Dengan demikian, model pembelajaran curah pendapat (brainstorming)dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas XI SMA Negeri 1 Paguyaman. Kata Kunci: Aktivitas Belajar Siswa dan Penerapan Model Pembelajaran Curah Pendapat (Brainstorming) &#226