Efektivitas Pelaksanaan PAKEM pada Mata Pelajaran PPKn di SMP Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo

Main Author: LIYANTI HAIDARI
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2018
Subjects:
Di
Smp
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/221410027/efektivitas-pelaksanaan-pakem-pada-mata-pelajaran-ppkn-di-smp-negeri-1-paguyaman-kabupaten-boalemo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Liyanti Haidari. 2017.Efektivitas Pelaksanaan PAKEM pada Mata Pelajaran PKn di SMP Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo Skripsi pada Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini yaitu; 1) bagaiamana efektivitas pelaksanaan PAKEM pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo, 2) hambatan apa yang mempengaruhi pelaksanaan PAKEM pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo dan 3) upaya apa yang dilakukan untuk meningkatkan pelaksanaan PAKEM pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo. Sesuai dengan rumusan masalah di atas, maka tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan PAKEM pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo, 2) mengetahui hambatan apa yang mempengaruhi pelaksanaan PAKEM pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo dan 3) mengetahui upaya apa yang dilakukan untuk meningkatkan pelaksanaan PAKEM pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa efektifitas Pelaksanaan PAKEM pada mata Pelajaran PKn di SMP Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo sudah diilaksanakan cukup baik. Faktor-Faktor yang Menghambat Efektivitas Pelaksanaan PAKEM pada mata Pelajaran PKn di SMP Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo terdiri dari faktor metode, media dan karakteristik materi. Terdapat upaya Guru dalam Meningaktkan Efektivitas Pelaksanaan PAKEM pada mata Pelajaran PKn di SMP Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo yaitu upaya guru PKn dalam memahami karakter siswa, memahami latar belakang siswa dan memhami kemampuan siswa. Karakter siswa dipahami guru melalui pengamatan, observasi dan penilaian sikap. Keyword : Efektivitas Pelaksanaan PAKEM, Mata Pelajaran PKn.