MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI METODE COOVERATIVE LEARNING JIGSAW DI KELAS X IPS C SMA NEGERI 1 PAGUYAMAN KABUPATEN BOALEMO
Main Author: | FITRIYANTI ISMAIL |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/221410009/meningkatkan-aktivitas-siswa-dalam-pembelajaran-pendidikan-kewarganegaraan-melalui-metode-cooverative-learning-jigsawdi-kelas-x-ips-c-sma-negeri-1-paguyaman-kabupaten-boalemo.html |
Daftar Isi:
- A B S T R A K Fitriyanti Ismail (Fitri) 2014. Meningkatkan Aktivitas siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui Metode Cooverative Learning Jigsaw, Penelitian Tindakan Kelas X IPS C SMA Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo. Skripsi Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini apakah metode Cooverative Learning Jigsaw dapat meningkatkan Aktivitas siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas X IPS C SMA Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo. Upaya pemecahan masalah dilakukan dengan menerapkan metode Cooverative Learning Jigsaw dengan cara membagi kelompok asal, memberikan identitas pada anggota kelompok, mempertemukan anggota kelompok yang memiliki identitas yang sama membentuk kelompok ahli, melakukan diskusi, anggota kelompok ahli kembali ke kelompok asal dan kemudian presentasi hasil kerja kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui apakah dengan menggunakan Metode Cooverative Learning Jigsaw, di Kelas X IPS C SMA Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo dan bermanfaat bagi siswa, guru, sekolah maupun peneliti. Hasil Penelitian menujukkan bahwa pada Siklus I aktivitas siswa mulai meningkat baik pada keberanian mengajukan pertanyaan, kemampuan menjawab pertanyaan maupun mengerjakan tugas-tugas yang diberika guru. Peningkatan ini tampak optimal pada saat siswa akan berkumpul untuk berdiskusi pada kelompok ahli. Pada Siklus I peningkatan aktivitas belajar yang diperoleh 16 orang atau 72.7.% dari 22 siswa di kelas tersebut. Pada Siklus II hasil analisis pada Siklus II menunjukan peningkatan aktivitas siswa yaitu 19 orang atau 86.4% dari 22 Siswa di kelas tersebut. Kata Kunci: Aktivitas Siswa, Metode Cooverative Learning Jigsaw