Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran numbered heads together di Kelas V SD Inpres Manunggal Karya Kecamatan Randangan Kabupaten Pohuwato

Main Author: FATMAH PARNATAWIDJAYA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
Di
V
Sd
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/221409113/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-dengan-menggunakan-model-pembelajaran-numbered-heads-together-di-kelas-v-sd-inpres-manunggalkarya-kecamatan-randangan-kabupaten-pohuwato.html
Daftar Isi:
  • Fatmah Parnatawidjaya. 22140911. Skripsi. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan menggunakan numbered heads together Kelas V SD Inpres Manunggal Karya Kecamatan Randangan Kabupaten Pohuato. Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Program study PKn Universitas Negeri Gorontalo. 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran numbered heads together dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Negara Kesatua Republik Indonesia di Kelas V SD Inpres Manunggal Karya Kecamatan Randangan Kabupaten Pohuwato Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Inpres Manunggal Karya Kecamatan Randangan, Kabupaten Pohuwato yang berjumlah 30 orang, usianya rata-rata antara 11 12 tahun Analisis data dilakukan melalui analisis terhadap hasil observasi dan hasilnya digunakan untuk merefleksi diri apakah anak sudah meningkat hasil belajarnya. Hasil analisis ini akan digunakan untuk merencanakan tindakan pada setiap pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata persentase jumlah siswa yang memperlihatkan peningkatan hasil belajar yang diharapkan, seperti yang nampak pada pada pertemuan I 73 % siswa yang mempunyai hasil belajar yang baik, dan pada peretemuan II mencapai 86%. Dengan demikian indikator kinerja yang telah ditetapkan yakni minimal 86% atau 26 orang dari 30 siswa sudah mempunyai nilai di atas 70. Disamping itu hipotesis tindakan yang telah dirumuskan yakni jika dalam proses pembelajaran digunakan model pembelajaran numbered heads together, maka hasil belajar siswa pada materi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia di kelas V SD Inpres Manunggal Karya Kecamatan Randangan Kabupaten Pohuwato akan meningkat teruji kebenarannya. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Numbered Hea ds Together