Meningkaktkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Mata Pelajaran PKn Di Kelas V SDN 10 Mananggu Kabupaten Boalemo

Main Author: MEIMUN BIGA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
Pkn
Di
V
Sdn
10
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/221409105/meningkaktkan-prestasi-belajar-siswa-melalui-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-think-pair-share-pada-mata-pelajaran-pkn-di-kelas-v-sdn-10-mananggu-kabupaten-boalemo.html
Daftar Isi:
  • Meimun Biga. 2012. Meningkaktkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Mata Pelajaran Pkn Di Kelas V Sdn 10 Mananggu Kabupaten Boalemo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Hj. Maisara Sunge, SH, MH dan Pembimbing II: Asmun W. Wantu, S.Pd, M.Sc. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe Think Pair Share dapat meningkatkan Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn di Kelas V SDN 10 Mananggu Kabupaten Boalemo?. Sedangkan penelitian bertujuan meningkatkan Prestasi belajar siswa melalui model Pembelajaran Tipe Think Pair Share pada Mata Pelajaran PKn di Kelas V SDN 10 Mananggu Kabupaten Boalemo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pemantauan dan evaluasi. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 10 Mananggu Kabupaten Boalemo. Data yang dikumpulkan berupa Prestasi belajar siswa yang didukung oleh perolehan hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran PKN. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan Prestasi belajar siswa dan hasil tes terhadap perolehan hasil belajar siswa. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan memadukan dan sekaligus membandingkan hasil siklus I dan siklus terakhir atau siklus II. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum Prestasi belajar siswa kelas V SDN 10 Mananggu Kabupaten Boalemo dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di tingkatkan dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share pada pembelajaran. Pada observasi awal hanya 4 0rang atau 25 % dari 16 siswa kelas V SDN 10 Mananggu Kabupaten Boalemo yang memiliki prestasi belajar pada mata pelajaran PKn. Hal tersebut selanjutnya mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 8 orang atau sekitar 44,44 %. Bahkan pada siklus II Prestasi belajar siswa meningkat menjadi 15 orang siswa atau 83,33%. Dengan demikian maka hipotesis penelitian tindakan kelas ini menyatakan bahwa Dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran PKN di kelas V SDN 10 Mananggu Kabupaten Boalemo, meningkat dan penelitian ini dapat diterima. Kata Kunci : Prestasi Belajar, Mode Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share