MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DI KELAS IV SD INPRES PADENGO KECAMATAN DUHIADAA KABUPATEN POHUWATO

Main Author: OKTAVIANA MAHMUD
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
Pkn
Di
Iv
Sd
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/221409104/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-pada-mata-pelajaran-pkn-dengan-menerapkan-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-team-games-tournament-tgt-di-kelas-iv-sd-inpres-padengo-kecamatan-duhiadaa-kabupaten-pohuwato.html
Daftar Isi:
  • Oktaviana Mahmud. 2013. Meningkatkan hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PKn dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) di Kelas IV SD Inpres Padengo Kecamatan Duhiadaa Kabupaten Pohuwato. Skripsi. S1 PPKn Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Drs. Revoltje O.W. Kaunang, M.Pd, Pembimbing II: Asmun W. Wantu, S.Pd, M.Sc. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn dapat ditingkatkan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) di Kelas IV SD Inpres Padengo Kecamatan Duhiadaa Kabupaten Pohuwato. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis persentase. Penelitian dilaksanakan dalam satu siklus, tiap siklus terdiri dari tahap awal, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat digunakan sebagai salah satu model dalam pembelajaran PKn karena meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres Padengo Kecamatan Duhiadaa Kabupaten Pohuwato. Capaian hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari observasi awal hanya 9 siswa (30%) dengan daya serap 6,46, pada siklus I pertemuan I meningkat menjadi 16 siswa (53.33%) dengan daya serap 7,16. Selanjutnya pada siklus I pertemuan II meningkat lagi hingga mencapai angka 26 siswa (86.67%) dengan daya serap 8.57. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT)