Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran PKn Melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) di SMP Negeri 2 Marisa Kabupaten Pohuwato

Main Author: HARTATI A. R. MAEGA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
Pkn
Di
Smp
2
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/221409103/meningkatkan-hasil-belajar-pada-mata-pelajaran-pkn-melalui-model-pembelajaran-numbered-head-together-nht-di-smp-negeri-2-marisa-kabupaten-pohuwato.html
Daftar Isi:
  • HARTATI AR. MAEGA. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Marisa. Skripsi. Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dr. Zulaena Ngiu, M.Pd dan Pembimbing II: Asmun W. Wantu, S.Pd, M.Sc. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menerapkan model Pembelajaran tipe Head Together dapat meningkatkan Hasil Belajar siswa pada mata pelajaran PKn di Kelas II SMP Negeri 2 Marisa Kecamatan Kabupaten Pohuwato. Sedangkan penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa akan meningkatkan dengan menerapkan Model Pembelajaran tipe Head Together Pada Mata Pelajaran PKn di kelas II SMP Negeri 2 Marisa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pemantauan dan evaluasi. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SMP 2 Negeri Marisa Kabupaten Pohuwato. Data yang dikumpulkan berupa Hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PKN. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan Hasil belajar siswa dan hasil tes terhadap perolehan hasil belajar siswa. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan memadukan dan sekaligus membandingkan hasil siklus pertemuan pertama dan pertemuan kedua. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum Hasil belajar siswa kelas II SMP Negeri Marisa Kabupaten Pohuwato dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di tingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran tipe Head Together pada pembelajaran. Pada observasi awal hanya 5 0rang atau 28 % dari 18 siswa kelas II SMP Negeri 2 Marisa Kabupaten Pohuwato yang memiliki Hasil belajar pada mata pelajaran PKn. Hal tersebut selanjutnya mengalami peningkatan pada siklus pertemuan pertama menjadi 7 orang atau sekitar 39 %. Bahkan pada siklus pertemuan kedua hasil belajar siswa meningkat menjadi 15 orang siswa atau 83,33%. Dengan demikian maka hipotesis penelitian tindakan kelas ini menyatakan bahwa Dengan menggunakan model Pembelajaran tipe STAD Hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PKN di kelas IV SDN 10 Mananggu Kabupaten Boalemo, meningkat dan penelitian ini dapat diterima. Kata Kunci : Hasil Belajar dan Model Pembelajaran Tipe Head Together