MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TIPE PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN PKn DI KELAS X AP1 SMK NEGERI 1 BATUDAA TAHUN 2013

Main Author: NASUTION UMAR
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
And
Pkn
Di
X
Ap1
Smk
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/221409067/meningkatkan-prestasi-belajar-siswa-melalui-model-pembelajaran-tipe-picture-and-picture-pada-mata-pelajaran-pkn-di-kelas-x-ap1-smk-negeri-1-batudaa-tahun-2013.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Tujuan penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam satu siklus tiga pertemuan. Tiap siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan evaluasi, serta analisis dan refleksi. Penelitian ini melibatkan, guru dengan jumlah siswa sebagai subyek yang dikenai tindakan yaitu 33 orang, yang terdiri dari 15 orang siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Proses analisis data dimulai dengan memberikan tes kepada siswa dan data tentang situasi proses kegiatan pembelajaran kemudian analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan memperhatikan hasil-hasil pengukuran yang dilaksanakan. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui terjadinya peningkatan prestasi belajar siswa yaitu: pada siklus satu pertemuan pertama bahwa dari jumlah siswa 33 orang terdapat 14 orang (42,42%) yang masuk kategori tuntas, sedangkan 19 orang (57,58%) tidak termasuk, kemudian dilanjutkan pada siklus satu pertemuan ke dua, dari jumlah siswa 33 orang terdapat peningkatan yakni 20 orang (60,61%) termasuk kategori tuntas dan 13 orang (39,39%) masih belum mencapai ketuntasan, maka dilanjutkan kembali pada siklus satu pertemuan ke tiga, sehingga dari jumlah siswa 33 orang yang memperoleh kategori tuntas 29 orang (87,88%) sedangkan yang tidak termasuk kategori tuntas 4 orang (12,12%). Dengan demikian dapat dikatakan bahwa hipotesis tindakan kelas berbunyi Apabila guru menggunakan model pembelajaran tipe Picture And Picture dalam pembelajaran PKn maka prestasi belajar siswa dikelas X AP SMK Negeri I Batudaa akan meningkat dan dapat diterima. Kata Kunci : Prestasi Belajar, Tipe Picture and Picture