MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTIONS PADA MATA PELAJARAN PKn DI KELAS X-7 SMA NEGERI 1 TAPA

Main Author: IMELDA ISHAK
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
Pkn
Di
X-7
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/221409064/meningkatkan-aktivitas-belajar-siswa-denganmenggunakan-model-pembelajaran-problem-basedinstructions-pada-mata-pelajaran-pkn-di-kelas-x-7-smanegeri-1-tapa.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas X-7 SMA Negeri 1 Tapa melalui pembelajaran model Problem Based Instructions dan juga untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dalam diskusi oleh siswa kelas X-7 SMA Negeri 1 Tapa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara guru/pengamat dengan peneliti. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-7 SMA Negeri 1 Tapa yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, siklus 1 dilaksanakan dalam 3x pertemuan dan siklus 2 dilaksanakan dalam 2x pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes terulis. Dari hasil penelitian, aktivitas belajar siswa pada siklus I dan siklus 2 mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari siklus I pertemuan I, aktivitas belajar siswa mencapai presentase ketuntasan 43,47%. Pada siklus 1 pertemuan 2 aktivitas belajar siswa meningkat dari pertemuan sebelumnya dimana aktivitas belajar mencapai presentase ketuntasan 42,98%. Pada siklus I pertemuan 3 juga aktivitas belajar siswa dalam kelompok mengalami peningkatan dimana aktivitas belajar siswa presentase ketuntasan 63,8%. Selain itu aktivitas belajar siswa dalam kelompok pada siklus 2 juga mengalami peningkatan capaian yang lebih baik dari siklus I sebelumnya. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas belajar siswa pada siklus 2 pertemuan I mencapai presentase ketuntasan 70,04%. Pada siklus 2 pertemuan 2 ini aktivitas belajar siswa telah mencapai indicator keberhasilan yang telah ditetapkan dimana aktivitas belajar siswa presenase ketuntasan 79,61% dengan kategori Sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan model Problem Based Instructions dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas X-7 SMA Negeri 1 Tapa. Kata Kunci: Model Problem Based Instructions, Aktivitas Belajar