Meningkatkan Aktivitas Siswa pada mata pelajaran PKn Melalui Model Pembelajaran Every One Is A Teacher Here Di kelas XI IPS4 SMA Negeri 2 Kwandang
Main Author: | FATRAH ISMAIL |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/221409052/meningkatkan-aktivitas-siswa-pada-mata-pelajaran-pkn-melalui-model-pembelajaran-every-one-is-a-teacher-here-di-kelas-xi-ips4-sma-negeri-2-kwandang.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Fatrah Ismail Meningkatkan Aktivitas Siswa pada mata pelajaran PKn Melalui Model Pembelajaran Every One Is A Teacher Here Di kelas XI IPS4 SMA Negeri 2 Kwandang. Jurusan Ilmu Hukum dan kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Revoltje O.W.Kaunang dan pembimbing 2 Asmun W. Wantu. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah meningkatkan aktivitas siswa pada mata pelajaran PKn melalui model pembelajaran Every One is A Teacher Here. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas XI IPS4 SMA Negeri 2 Kwandang. Permasalahan utama penelitian ini rendahnya aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Model pembelajaran ini digunakan dalam penelitian tindakan kelas, dengan menggunakan alat pengumpulan data berupa lembar observasi kegiatan guru, dan pengamatan kegiatan belajar mengajar siswa serta hasil belajar siswa setelah menerima pelajaran. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran every one is a teacher here maka aktivitas siswa dapat ditingkatkan. Hal ini terlihat pada aktivitas siswa yaitu pada I 60,1% dan pada siklus II menjadi 86,36%. Pada mata pelajaran PKn akan meningkat, teruji, dan dapat diterima. Kata kunci : Aktivitas Siswa, Every one Is A Teacher Here