Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn melalui Model Pembelajaran Mind Maping di Kelas Vila SMP Negeri 2 Marisa Kabupaten Pohuwato

Main Author: FITRIYANI Y TAHIR
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
Pkn
Di
Smp
2
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/221409037/peningkatan-hasil-belajar-siswa-pada-mata-pelajaran-pkn-melalui-model-pembelajaran-mind-maping-di-kelas-vila-smp-negeri-2-marisa-kabupaten-pohuwato.html
Daftar Isi:
  • Fitriyani Y Tahir, 221409037,2013 "Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn melalui Model Pembelajaran Mind Maping di Kelas Vila SMP Negeri 2 Marisa Kabupaten Pohuwato". Skripsi ( di bimbing Oleh Ibu Dra.Hj Zulecha Ngiu M.Pd dan Ibu Asmun W.Wantu , S.Pd. M.Sc ) Jurusan Ilmu Hukum Dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo 2013. Tujuan dalam penelitian ini apakah dengan menggunakan model pembelajaran mind maping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn khususnya materi Hak Dan Kewajiban Warga Negara di kelas Vila SMP Negeri 2 Marisa. Berdasarkan hasil pembahasan tersebut maka penulis mengemukakan suatu penelitian dengan menggunakan metode diskusi dan tanya jawab,. Berdasarkan hasil penelitian ternyata dengan menggunakan model pembelajaran mind maping pada mata pelajaran PKn khususnya materi Hak Dan Kewajiban Warga Negara di kelas Vila SMP Negeri 2 Marisa meningkat yakni pada siklus I dari jumlah siswa 28 orang 70 ke atas 21 orang (75%) dan pada siklus II yang memperoleh nilai 70 keatas sebanyak 24 orang (86%). Bertolak bertolak dari hasil penelitian dan pembahasan di simpulkan bahwa dalam pengguna model pembelajaran mind maping pada mata pelajaran PKn. Hasil belajar siswa meningkat, maka guru dapat menerapkan metode ini dalam kegiatan pembelajaran di sekolah, demi lancarnya proses pelaksanaan pendidikan agar mencapai tujuan yang diharapkan. Kata Kunci: Hasil Belajar, Mind Maping