MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA MATA PELAJARAN PKn DI KELAS VII SMP NEGERI 2 TAOPA KECAMATAN TAOPA KABUPATEN PARIGI MOUTONG

Main Author: YULINDA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2014
Subjects:
Pkn
Di
Vii
Smp
2
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/221409026/meningkatkan-pemahaman-siswa-melalui-model-pembelajaran-scramble-pada-mata-pelajaran-pkn-di-kelas-vii-smp-negeri-2-taopa-kecamatan-taopa-kabupaten-parigi-moutong.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAKYULINDA, 2013.”Meningkatkan Pemahaman Siswa Melalui Model Pembelajaran Scramble  Pada Mata Pelajaran PKn Di Kelas VII SMP Negeri 2 Taopa”. Jurusan Ilmu Hukum Dan Kemasyarakatan, Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo.Penelitian tindakan kelas yang  dilaksanakan di SMP Negeri 2 Taopa melalui model pembelajaran scramble bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII  tahun ajaran 2013/2014  yang  siswanya berjumlah  29 orang terdiri dari  14 orang siswa perempuan dan 15 orang siswa laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus dengan menggunakan lembar observasi kegiatan guru dan lembar pengamatan kegiatan siswa serta hasil belajar. Siklus pertama 2 kali pertemuan dan siklus kedua 2 kali pertemuan, Disetiap pertemuan alokasi waktu  2x45 menit yang mengacu  pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Berdasarkan hasil penelitian siklus I dengan menggunakan model pembelajaran Scramble  dari 29 orang siswa yang tuntas 13 orang atau 44,83% dan yang tidak tuntas 16 orang atau 55,17%. Hal ini menunjukkan bahwa pada siklus I pemahaman siswa belum optimal atau belum mencapai keberhasilan yang ditetapkan, sehingga dilanjutkan pada siklus 2. Pada siklus 2 telah mengalami peningkatan siswa yang tuntas 24 orang atau 82,76% sedangkan yang tidak tuntas 5 orang atau 17,24%.     Berdasarkan hasil penelitian bahwa pemahaman siswa dengan menggunakan model pembelajaran scramble telah meningkat. Kata Kunci     : Pemahaman Siswa, Model  Pembelajaran Scramble