PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn DI KELAS VIII MTs. ALKHAIRAT LOBU KECAMATAN MOUTONG KABUPATEN PARIGI MOUTONG

Main Author: FITRIYANTI ARIS MALASUGI
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2014
Subjects:
Pkn
Di
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/221409013/penerapan-model-pembelajaran-cooperative-script-untuk-meningkatkan-pemahaman-siswapada-mata-pelajaran-pkn-di-kelas-viii-mts-alkhairat-lobu-kecamatan-moutongkabupaten-parigi-moutong.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAKFitriyanti  A. Malasugi. NIM : 221 409 013. “Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script  Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa  Pada Mata Pelajaran PKn Di Kelas VIII MTs.Alkhairaat Lobu Kecamatan Moutong Kabupaten Parigi Moutong. Jurusan Ilmu Hukum Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing  I Bapak Dr. Jusdin Puluhulawa, M.Si  dan Pembimbing II Bapak  Drs. Revoltje O.W Kaunang, M.Pd.Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran PKn melalui model pembelajaran Cooperative Script. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas VIII MTs.Alkhairaat Lobu Kecamatan Moutong Kabupaten Parigi Moutong. Permasalahan utama dalam penelitian ini rendahnya pemahaman siswa pada mata pelajaran PKn. Model pembelajaran ini digunakan dalam penelitian tindakan kelas, dengan menggunakan alat pengumpulan data berupa lembar observasi kegiatan guru, dan pengamatan pemahaman siswa setelah menerima pelajaran.Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan mdel pembelajaran cooperative script maka pemahaman siswa dapat ditingkatkan. Hal ini terlihat pada pemahaman siswa yaitu pada siklus I 61,54% dan pada siklus II menjadi 88,46%. Pada mata pelajaran PKn akan meningkat, teruji dan dapat diterima.Kata kunci : Pemahaman Siswa, Cooperative Script.