Penerapan Model Pembelajaran Controversial isusess Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Di Kelas VIII SMPN Negeri I Lemito Kecamatan Lemito Kabupaten Pohuwato

Main Author: ARIP KASIM
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2015
Subjects:
Pkn
Di
I
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/221409004/penerapan-model-pembelajaran-controversial-isusess-untuk-meningkatkan-pemahaman-siswa-pada-mata-pelajaran-pkn-di-kelas-viii-smpn-negeri-i-lemito-kecamatan-lemito-kabupaten-pohuwato.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Arif Kasim. "Penerapan Model Pembelajaran Controversial isusess Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Di Kelas VIII SMPN Negeri I Lemito Kecamatan Lemito Kabupaten Pohuwato Jurusan Ilmu Hukum Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ibu Dr. Hj. Zulaecha ngiu. M.pd Dan Pembimbing II Ibu Asmun W, Wantu S.pd. M.Sc Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran PKn melalui model pembelajaran Controversial isuess. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas VIII SMP Negeri I Lemito Kecamatan Lemito. Permasalahan utama dalam penelitian ini rendahnya pemahaman siswa pada mata pelajaran PKn. Model pembelajaran ini digunakan dalam penelitian tindakan kelas, dengan menggunakan alat pengumpulan data berupa lembar observasi kegiatan guru, dan pengamatan pemahaman siswa setelah menerima pelajaran. Penelitian ini dilakukan dalam 1 siklus, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan mdel pembelajaran Controversial isuess maka pemahaman siswa dapat ditingkatkan. Hal ini terlihat pada pemahaman siswa yaitu pada siklus I 80% Pada mata pelajaran PKn akan meningkat, teruji dan dapat diterima.