Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Melalui Tipe Belajar Discovery Learning Di kelas VII SMP Negeri 2 Atinggola, Gorontalo Utara
Main Author: | YULANDA MANTO |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/221408085/meningkatkan-kreativitas-siswa-pada-mata-pelajaran-pkn-melalui-tipe-belajar-discovery-learning-di-kelas-vii-smp-negeri-2-atinggola-gorontalo-utara.html |
Daftar Isi:
- YulandaManto Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Melalui Tipe Belajar Discovery Learning Di kelas VII SMP Negeri 2 Atinggola, Gorontalo Utara. Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Unversitas Negeri Gorontalo.Pembimbing 1 bapak Dr. H. Sukarman Kamuli, M.Si, pembimbing II bapak Dr. Udin Hamim, S.Pd, SH, M.Si. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kreativitas siswa pada mata pelajaran PKn melalui Tipe Belajar Discovery Learning. Penelitian dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri 2 Atinggola. Permasalahan utama penelitian ini rendahnya kreativitas siswa pada mata pelajaran PKn. Tipe belajar yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif, dengan menggunakan alat pengumpulan data berupa lembar observasi kegiatan guru, dan pengamatan kegiatan belajar mengajar siswa serta hasil tes belajar siswa setelah menerima materi pelajaran. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Hasil penelitian ini menunjukan bahawa dengan menggunakan tipe belajar Discovery Learning maka kreativitas siswa dapat ditingkatkan. Hal ini terlihat pada kreativitas siswa yaitu pada siklus I hanya 42% pada siklus 2 menjadi 94%.Pada mata pembelajaran PKn akan meningkat, teruji, dan dapat di terima. Kata kunci :Kreativitas Siswa, Discovery Learning