Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn Melalui Model Pembelajaran Numbered Heads Together pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Botumoito Kabupaten Boalemo
Main Author: | FEBRIANI ANTU |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/221408024/meningkatkan-motivasi-belajar-siswa-pada-mata-pelajaran-pkn-melalui-model-pembelajaran-numbered-heads-together-pada-siswa-kelas-vii-smp-negeri-1-botumoito-kabupaten-boalemo.html |
Daftar Isi:
- Febriani Antu, NIM. 221 408 024. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn Melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Botumoito Kabupaten Boalemo. Skripsi, Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. 2013. Penelitian ini dilatar-belakangi kurangnya Keaktifan siswa membahas tema pembelajaran, serta kurangnya ketepatan siswa dalam membuat kesimpulan tema yang dibahas. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar sisiwa pada mata pelajaran PKn melalui model pembelajaran Numbered Head Together pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Botumoito Kabupaten Boalemo. Siswa yang dikenakan tindakan sejumlah 20 orang yang merupakan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Botumoito Kabupaten Boalemo tahun pelajaran 2011/2012. Indikator kinerja adalah 80% dari jumlah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Botumoito Kabupaten Boalemo yang dikenakan tindakan dikategorikan memiliki motivasi belajar pada pembelajaran PKn. Dari hasil analisis data diperoleh, pada siklus I yang memiliki motivasi belajar 7 orang (35%) meningkat menjadi 19 orang (95%) pada siklus II dari jumlah siswa 20 orang yang memiliki motivasi belajar sesuai indikator penilaian. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Botumoito Kabupaten Boalemo. Kata kunci : Motivasi Belajar Siswa, Numbered Head Together (NHT)