Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas X3 SMA Negeri 1 Bolangitang
Main Author: | REFLIANTO GOMA |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/221406026/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-dengan-menggunakan-pembelajaran-kooperatif-tipe-numbered-heads-together-nhtpada-mata-pelajaran-pendidikan-kewarganegaraan-di-kelas-x3-sma-negeri-1-bolangitang.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Reflianto Goma. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas X3 SMA Negeri 1 Bolangitang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Rumusan masalah dalam peneitian ini adalah apakah dengan menggunakan Metode Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas X3 SMA Negeri 1 Bolangitang?. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas X3 SMA Negeri 1 Bolangitang dengan menggunakan metode Numbered Heads Together (NHT). Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Metode ini digunakan dengan maksud untuk memberikan gambaran tentang peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas X3 SMA Negeri 1 Bolangitang. Pengambilan data diambil dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan siswa dan guru, serta evaluasi atas materi yang diajarkan pada setiap pertemuan. Kemudian data dianalisis baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Berdasarkan analisis data maka dapat diketahui terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yakni; pada siklus I pertemuan ke 1 rata-rata hasil belajar siswa sebesar 70,22. Namun rata tersebut belum mencapai indikator yang ditetapkan yaitu 75%. Maka dilanjutkan pada tindakan siklus I pertemuan II, pada tindakan siklus I pertemuan ke 2 diperoleh hasil rata-rata capaian siswa sebesar 79.83% atau terjadi peningkatan sebesar 9.61%. Adanya peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 ke pertemuan 2 ke siklus II sebesar 9.61% dengan demikain hipotesis yang berbunyi Jika guru menggunakan metode Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas X3 SMA Negeri 1 Bolangitang, maka hasil belajar siswa akan meningkat telah teruji dengan benar dan dapat diterima. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa dan Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT)