Perbedaan Antara Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dan Tipe Role Playing Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas XI-IPS SMA Negeri 4 Gorontalo

Main Author: ZULNAIDIN MATANI
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2014
Subjects:
Dan
Di
Sma
4
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/211408333/perbedaan-antara-penggunaan-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-snowball-throwing-dan-tipe-role-playing-terhadap-peningkatan-hasil-belajar-siswa-pada-mata-pelajaran-ekonomi-di-kelas-xi-ips-sma-negeri-4-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAKZulnaidin Matani. 211 408 333 ”Perbedaan Antara Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dan Tipe Role Playing Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas XI-IPS SMA Negeri 4 Gorontalo”. Program Studi Pendidikan Ekonomi Akuntansi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Dr. Ir. Syarwani Canon, M.Si (Pembimbing I) dan Agil Bahsoan, S.Ag, M.Ag (Pembimbing II).Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui perbedaan antara penggunaan model pembelajaran kooperatif  tipe snowball throwing dan tipe role playing terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI-IPS SMA Negeri 4 Gorontalo. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan antara penggunaan model pembelajaran kooperatif  tipe snowball throwing dan tipe role playing terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI-IPS SMA Negeri 4 Gorontalo?.Dalam penelitian ini penulis menetapkan populasi adalah seluruh siswa kelas X yang ada di SMA Negeri 4 Gorontalo dengan jumlah 3 kelas, namun dalam penelitian ini yang ditetapkan menjadi sampel adalah dua kelas terdiri dari kelas XI-IPSA sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-IPSB sebagai kelas kontrol.Berdasarkan pengujian hipotesis yang telah dilakukan, maka dapat dilihat bahwa hipotesis penelitian yang berbunyi ”terdapat perbedaan yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran kooperatif  tipe snowball throwing dan tipe role playing terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI-IPS SMA Negeri 4 Gorontalo”, dinyatakan terbukti dan diterima secara ilmiah.Kata Kunci: Tipe Snowball Throwing, Tipe Role Playing, dan Hasil Belajar Siswa