MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 TELAGA KABUPATEN GORONTALO

Main Author: TRI WIWIK MARTIWI HONGI
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2012
Subjects:
Ips
Di
Smp
3
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/211408304/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-melalui-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-numbered-head-together-nht-pada-mata-pelajaran-ips-ekonomi-kelas-viii-di-smp-negeri-3-telaga-kabupaten-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Try wiwik martiwi Hongi. '' Meningkatkan Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ips Ekonomi melalui model pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Heads Together ( NHT ) ( Suatu penelitian pada siswa Kelasl VIII B di SMP Negeri 3 Telaga )''. Skripsi. Dibimbing oleh Ibu Dra. Hj. Salma Boutha, M.Pd ( pembimbing I ) dan Ibu Badriyyah Djula, S.Pd. M.Pd ( pembimbing II). Jurusan Pendidikan Ekonomi Konsentrasi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unifersitas Negeri Gorontalo 2012. Penelitian bermaksud untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Heads Together ( NHT ) di Kelas VIII B SMP Negeri 3 Telaga Kab. Gorontalo. Rumusan dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together ( NHT ) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi di kelas VIII B SMP Negeri 3 Telaga Kab. Gorontalo ?. Setelah penelitian tindakan kelas ini dilakukan dari observasi awal sampai ke siklus II, maka terbukti dapat menerima hipotesis yang diajukan : Dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together ( NHT ) dalam pelajaran IPS Ekonomi di Kelas VIII B SMP Negeri 3 Telaga Kab. Gorontalo aktivitas siswa dapat meningkat. Hasilnya dapat dilihat dan dibandingkan siklus I siswa yang memperoleh nilai minimal 70 adalah 46,42% dan siklus II mencapai 82,14%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan mengenai model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together ( NHT ) dalam pelajaran IPS Ekonomi di Kelas VIII B SMP Negeri 3 Telaga Kab. Gorontalo aktivitas siswa dapat meningkat dalam proses pembelajaran. Hal ini dapat dibuktikan sesuai dengan hasil penelitian pada siklus I dan siklus II. Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together ( NHT ) dan Hasil Belajar Siswa