MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBER HEADS TOGETHER) PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS X3 DI SMA NEGERI 2 GORONTALO

Main Author: TITIK PUSPITA UTIAH
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2012
Subjects:
Nht
Di
X3
Sma
2
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/211408302/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-melalui-penggunaan-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-nht-number-heads-together-pada-mata-pelajaran-ekonomi-di-kelas-x3-di-sma-negeri-2-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • Titik Puspita Utiah, Nim. 211 408 302 "Meniingkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaa model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Number Heads Together) pada mata pelajaran ekonomi di kelas X3 di SMA negeri 2 Gorontalo". skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Perkantoran Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Uiversitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I (Dra. Hj. Salma Bowtha, M.Pd) dan Pembimbing II (Roy Hasiru, S.Pd, M,Pd). Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui meningkatnya hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Number Heads Together) pada mata pelajaran ekonomi di kelas X3 pada sisiwa di SMA negeri 2 gorontalo. Analisis data dalam penelitian tindakan kelas ini menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. dengan memberikan nilai pada hasil belajar siswa dengan menghitung presentase ketuntasan belajar sisiwa berdasarkan indikator belajar. hasil observasi dan aktivitas mengajar di analisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif yang digambarkan dengan kata-kata atau kalimat, dipisah-pisah menurut kategori untuk memperoleh kesimpulan. Berdasarkan analisis data maka dapat diketahui terjadi peningkatan rata-rata hasil belajara siswa pada mata pelajaran ekonomi yaitu: pada siklus I rata-rata hasil belajara siswa sebesar 70%. namun hasil tersebut belum mencapai indikator yang ditetapkan yaitu 75%. maka dilanjutkan pada tindakan siklus II, diperoleh hasil capaian siswa sebesar 86,67%. dengan demikian hapotesis yang berbunyi "terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajran ekonomi pada siswa di kelas X3 di SMA negeri 2 gorontalo dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Number Heads Together) "dapat terbukti. kata kunci: Hasil belajar siswa dan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Number Heads Together).