MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI KEGIATAN POKOK EKONOMI

Main Author: SUKAMTO S MOHI
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
Ips
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/211408291/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-melalui-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-think-pair-share-pada-mata-pelajaran-ips-materi-kegiatan-pokok-ekonomi.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Sukamto S. Mohi, Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Pada Mata Pelajaran IPS Materi Kegiatan Pokok Ekonomi. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo 2012. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi kegiatan pokok ekonomi, pola pembelajaran masih didominasi oleh guru melalui metode ceramah, keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran IPS masih kurang, dan siswa kurang mampu mengemukakan ide baik kepada guru maupun sesama teman. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 9 Gorontalo pada materi kegiatan pokok ekonomi melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share. Hipotesis dalam penelitian ini adalah Jika dalam pembelajaran materi kegiatan pokok ekonomi dengan menggunakan model kooperatif tipe Think-Pair-Share maka hasil belajar siswa akan meningkat. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa, kegiatan mengajar guru, dan kegiatan belajar siswa dari siklus I ke Siklus II. Ini menunjukkan bahwa kriteria keberhasilan tindakan telah tercapai. Dengan demikian, hipotesis penelitian yang diajukan dalam penelitian ini dinyatakan diterima. Namun demikian, karena ada 2 orang siswa yang belum mencapai KKM, maka guru memberikan bimbingan khusus di luar jam pelajaran. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Think-Pair-Share, Kegiatan Pokok Ekonomi.