Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Model Cooperative Leearning Tipe Number Heads Together Dengan Model konvensional (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas X SMA Negeri 1 Sumalata)

Main Author: RULIN KOLLY
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2012
Subjects:
Di
X
Sma
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/211408260/perbedaan-hasil-belajar-siswa-antara-model-cooperative-leearning-tipe-number-heads-together-dengan-model-konvensionalstudi-eksperimen-pada-mata-pelajaran-ekonomi-di-kelas-x-sma-negeri-1-sumalata.html
Daftar Isi:
  • Rulin Kolly. 2012. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Model Cooperative Learning tipe Number Heads Together dengan Konvensional. SKRIPSI. Program Studi Pendidikan Ekonomi Akuntansi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. H. Rosman Ilato M.Pd, dan Pembimbing II Agil Bahsoan S.Ag, M.Ag Pelaksanaan Penelitian ini didasarkan pada rumusan masalah. Apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara penerapan model cooperative learning tipe number heads together dengan konvensional pada pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Sumalata. Hipotesis penelitian adalah Terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada pelajaran ekonomi dari penggunaan model cooperative learning tipe number heads together dengan penggunaan pembelajaran konvensional di SMA Negeri 1 Sumalata. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode ekperimen Posttest-Only Control Design dan pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara Purposive sampling, sampel dalam penelitian berjumlah 60 orang dan telah diuji homogenitas varian dan uji kesamaan dua rata-rata. Sebagai kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Number Heads Together dengan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional di SMA Negeri 1 Sumalata kelas X1 dan kelas X2, (2) berdasarkan hasil pengamatan oleh peneliti diperoleh bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Number Heads Together adalah efektif ditinjau dari segi pengelolaan pembelajaran di kelas, aktivitas siswa, dan respon siswa, (3) dari hasil penghitungan dapat dilihat bahwa setelah siswa diajarkan dengan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Number Heads Together, siswa dapat memahami pembelajaran ekonomi, dan (4) dengan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Number Heads Together siswa lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa dan Cooperative learning tipe Number Heads Together dan konvensional