Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division ) Pada Mata Pelajaran Ekonomi (Penelitian Pada Siswa Kelas XIA SMA Negeri I Bolang Itang Barat)

Main Author: RIRIN PUASA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2012
Subjects:
)
Xia
Sma
I
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/211408255/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-melalui-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-stad-student-teams-achievement-division-pada-mata-pelajaran-ekonomi-penelitian-pada-siswa-kelas-xia-sma-negeri-i-bolang-itang-barat.html
Daftar Isi:
  • Ririn Puasa. NIM : 211 408 255. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Mata Pelajaran Ekonomi (Penelitian Pada Kelas XIA SMA Negeri 1 Bolang Itang Barat). Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo 2012. Di bawah bimbingan Bapak Raflin Hinelo, S.Pd, M.Si, dan Ibu Robiyati Podungge, S.Pd, M.AP. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XIA SMA Negeri 1 Bolang Itang Barat khususnya pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XIA SMA Negeri 1 Bolang Itang Barat khususnya pada mata pelajaran ekonomi melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar yang dilakukan secara bersiklus. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisa untuk memperoleh rata-rata daya serap siswa guna mengetahui ketuntasan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XIA SMA Negeri 1 Bolang Itang Barat tahun pelajaran 2011/2012 pada mata pelajaran ekonomi. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu dari 65,52% menjadi 93,10% atau rata-rata kelas 7,448 pada siklus I menjadi 8,137 pada siklus II. Sehingga hipotesis yang berbunyi Jika digunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD, maka hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XIA SMA Negeri 1 Bolang Itang Barat akan meningkat, dinyatakan dapat diterima. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa, oleh sebab itu guru perlu menggunakan model pembelajaran STAD dalam kegiatan belajar mengajar. Kata Kunci: Hasil Belajar dan Kooperatif tipe STAD.