EFEKTIVITAS GURU PADA MATA PELAJARAN PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI (PDA) DI SMK NEGERI 1 BATUDAA KABUPATEN GORONTALO

Main Author: REIGEN AKASE
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
Di
Smk
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/211408252/efektivitas-guru-pada-mata-pelajaran-persamaan-dasar-akuntansi-pda-di-smk-negeri-1-batudaa-kabupaten-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Reigen Akase. 2013. Efektivitas Guru Pada Mata Pelajaran Persamaan Dasar Akuntansi (PDA) Di SMK Negeri 1 Batudaa Kabupaten Gorontalo, Program Studi Pendidikan Ekonomi Perkantoran, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ibu Dra. Salma Boutha, M.Pd dan Pembimbing II Ibu Hj. Irawaty Abdul, SE, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi yang akurat tentang Efektivitas Guru Pada Mata Pelajaran Persamaan Dasar Akuntansi (PDA) Di SMK Negeri 1 Batudaa Kabupaten Gorontalo dalam proses pembelajaran, untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas guru, serta untuk mengetahui usaha-usaha yang telah dilakukan dalam peningkatan efektivitas guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis dengan maksud memperoleh gambaran yang jelas tentang Efektivitas Guru Pada Mata Pelajaran Persamaan Dasar Akuntansi (PDA) Di SMK Negeri 1 Batudaa Kabupaten Gorontalo. Berdasarkan hasil penelitian, maka ditemukanlah beberapa hal yang mempengaruhi Efektivitas Guru Pada Mata Pelajaran Persamaan Dasar Akuntansi (PDA) Di SMK Negeri 1 Batudaa Kabupaten Gorontalo, yakni terbatasnya SDM Guru dalam mengajar, kurangnya fasilitas yang menunjang proses pembelajaran, kurangnya disiplin guru serta faktor eksternal siswa yang meliputi lingkungan dan ekonomi. Upaya yang dilakukan pihak sekolah kaitannya dengan peningkatan Efektivitas Guru Pada Mata Pelajaran Persamaan Dasar Akuntansi (PDA) Di SMK Negeri 1 Batudaa Kabupaten Gorontalo yakni, melalui peningkatan kompetensi mengajar guru guna meningkatkan mutu pembelajaran, mengikutsertakan guru-guru dalam kegiatan-kegiatan pendidikan dan latihan (diklat), seminar, diskusi, serta melanjtukan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, permintaan terhadap tenaga pengajar (guru) yang sesuai dengan disiplin ilmu, penyediaan fasilitas pembelajaran yang memadai, baik secara mandiri maupun kerja sama dengan Departemen Pendidikan dalam bentuk dana serta mengadakan supervisi pembelajaran. Kata Kunci : Efektifitas Guru