MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI KELAS VIII C SMP NEGERI 3 TELAGA KAB.GORONTALO
Main Author: | NUR HAMNI |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/211408229/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-melalui-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-snowball-throwing-pada-mata-pelajaran-ips-ekonomi-kelas-viii-c-smp-negeri-3-telaga-kabgorontalo.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK NurHamni La Wani '' Meningkatkan Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ips Ekonomi melalui model pembelajaran kooperatif TipeSnowball throwing ( Suatu penelitian pada siswa KelasVIII c di SMP Negeri 3 Telaga )''. Skripsi. Dibimbing oleh Ibu Dra. Hj. Salma Boutha, M.Pd ( pembimbing I ) dan Bapak Roy HasiruS.Pd,M.Pd ( pembimbing II). Jurusan Pendidikan Ekonomi Konsentrasi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo 2013. Penelitianbermaksuduntukmeningkatkanhasilbelajarsiswadenganmenggunakan model pembelajarankooperatifTipesnowball throwing di Kelas VIII cSMP Negeri 3 TelagaKab. Gorontalo.Rumusandalampenelitianiniadalah Apakahdenganmenggunakan model pembelajarankooperatiftipesnowball throwingdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamatapelajaran IPSEkonomi di kelas VIII c SMP Negeri 3 TelagaKab. Gorontalo ?. Setelahpenelitiantindakankelasinidilakukandariobservasiawalsampaikesiklus II, makaterbuktidapatmenerimahipotesis yang diajukan :Denganmenerapkan model pembelajaranKooperatifTipe snowball throwingdalampelajaran IPS Ekonomi di Kelas VIII c SMP Negeri 3 TelagaKab. Gorontaloaktivitassiswadapatmeningkat.Hasilnyadapatdilihatdandibandingkansiklus I siswa yang memperolehnilai minimal 70 adalah 59,3% dansiklus II mencapai 92,6%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan mengenai model pembelajaran Kooperatif Tipe snowball throwing dalam pelajaran IPS Ekonomi di Kelas VIII C SMP Negeri 3 Telaga Kab. Gorontalo aktivitas siswa dapat meningkat dalam proses pembelajaran. Hal ini dapat dibuktikan sesuai dengan hasil penelitian pada siklus I dan siklus II. Kata Kunci : PembelajaranKooperatifTipeSnowball ThrowingdanHasilBelajarSiswa