MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VIII-2 SMP NEGERI 8 GORONTALO

Main Author: FRANJI BASAREWAN
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
Ips
Di
Smp
8
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/211408166/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-melalui-penggunaan-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-think-pair-share-pada-mata-pelajaran-ips-terpadu-di-kelas-viii-2-smp-negeri-8-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Franji Basrewan. 211408116. "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Perkantoran. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo. 2012. Bimbingan Bapak, Drs. Maha Atma Kadji, M.Si dan Bapak, Agil Bahsoan, S.Ag.,M.Ag Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 8 Gorontalo tahun 2011-2012. Masalah pokok dalam penelitian tindakan kelas ini, yakni rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu. Dengan tujuan utama penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu dengan Model Pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Bertitik tolak dari rumusan masalah diatas maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII-2 SMP Negeri 8 Gorontalo. SIKLUS I : Hasil belajar dari 33 siswa yang dikenai tindakan 18 siswa yang memperoleh nilai ? 75 atau 75 % sebesar 57.57% dan 15 siswa yang memperoleh nilai ? 75 sebesar 42.42%. Dengan demikian perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya karena belum memenuhi indikator kinerja yang ditetapkan. SIKLUS II : Hasil belajar dari 33 siswa yang dikenai tindakan 28 siswa yang memperoleh nilai ? 75 atau 75 % sebesar 84.84% dan 5 siswa yang memperoleh nilai ? 75 sebesar 15.16%. Dengan demikian indikator kinerja yang telah ditetapkan dapat dipenuhi. Jadi pelaksanaan tindakan Siklus I dan Siklus II terdapat peningkatan pada hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Dengan demikian hipotesis tindakan yang telah dirumuskan yakni jika guru menggunakan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share maka hasil belajar siswa akan meningkat Telah teruji dengan benar dan dapat diterima.