MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING (PEMECAHAN MASALAH) PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DI KELAS X-2 SMA NEGERI 2 GORONTALO

Main Author: FOLSA DATUNSOLANG
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
Di
X-2
Sma
2
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/211408165/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-melalui-penerapan-metode-problem-solving-pemecahan-masalah-pada-mata-pelajaran-akuntansi-di-kelas-x-2-sma-negeri-2-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • Folsa Datunsolang Nim 211 408 165 Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Froblem Solving (pemecahan Masalah) Pada Mata Pelajaran Akuntansi Di Kelas X-2 SMA Negeri 2 Gorontalo. program Studi Pendidikan Ekonomi Akuntansi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo dibawah bimbingan Dra. Irina Popoi, S.Pd., M.Pd dan Ibu Radia Hafid, S.Pd, M.Si. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Problem Solving (Pemecahan Masalah) Terhadap Peningkatan Belajar Siswa SMA Negeri 2 Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun metode tersebut dilakukan sebanyak 2 siklus dikelas X-2 SMA Negeri 2 Gorontalo khususnya mata pelajaran Akuntansi. Sebagai kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan metode Problem Solving (Pemecahan Masalah) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-2 SMA Negeri 2 Gorontalo tahun2012/2013. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar yang mengalami peningkatan dari siklus I ke Siklus II yaitu dari 63,16% menjadi 92,86% atau rata-rata kelas 77,14 menjadi 84.82. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi Jika Diterapkan Metode Problem Solving (Pemecahan Masalah), maka hasil belajar siswa pada mata pelajarana akuntansi dikelas X-2 SMA Negeri 2 Gorontalo. Kata Kunci: Metode Problem Solving (Pemecahan Masalah) dan Hasil Belajar Siswa.